Situs Informasi Seputar Burung Ternak Burung Lovebird, Kenari, Pleci, Kacer, Murai Batu, Cucak Ijo, Ciblek Agar Sehat, Gacor, Ngerol, Ngeplong, Ngriwik Siap Lomba Burung dan Kontes Burung

3 Solusi Mengatasi Masalah Pada Anakan Lovebird

ADSENSE HERE!
3 Solusi Mengatasi Masalah Pada Anakan Lovebird - Hai kawan Lovebird Bekasi, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang solusi dalam mengatasi masalah yang sering dihadapi peternak / breeder pada anakan lovebirdnya. Menghasilkan anakan lovebird dalam jumlah yang banyak tentunya menjadi keinginan setiap peternak / breeder. Meloloh (memberi / menyuapi makanan) sendiri menjadi pilihan para breeder lovebird, pasalnya dengan meloloh sendiri anakan lovebird menjadi efisien untuk indukan dan dapat memberikan hasil anakan dalam jumlah banyak.
3 Solusi Mengatasi Masalah Pada Anakan Lovebird
Bagi sebagian breeder / peternak, dalam meloloh anakan bukan berarti tidak mengalami kendala. Faktor kendala yang ditemui menyebabkan anakan sakit, hingga mati. Berniat ingin mendapatkan hasil anakan yang banyak, namun dengan adanya kendala yang dihadapi bukan mendapat anakan banyak seringkali breeder malah mengalami nihil panen atau tidak mendapatkan anakan sama sekali karena anakan lovebird mati. Maka dari itu Lovebir Bekasi akan memberikan tips dalam mengatasi kendala yang terjadi pada anakan lovebird.

Berikut adalah kendala - kendala yang di alami pada anakan lovebird, beserta solusi penanganannya :

Kedinginan / Suhu Udara yang tidak sesuai - Kejadian ini sangat sering sekali terjadi pada anakan lovebird yang di loloh oleh peternak sendiri, terutama pada breeder / peternak pemula. Hal ini di sebabkan karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan tentang cara meloloh anakan sendiri bukan dengan induknya. Akibatnya anakan yang diambil dari induknya didalam glodok hanya ditempatkan pada tempat yang belum disiapkan, seperti kandang kecil, kardus ataupun wadah lain namun tidak di beri kehangatan yang menyesuaikan suhu yang dibutuhkan sehingga anakan mati kedinginan.
Solusinya : Utuk mengatasi anakan lovebird yang mati akibat kedinginan adalah, buat inkubator dari bahan triplek atau kardus yang di dalam nya di beri serbuk kayu yang banyak dijual dikios burung serta berikan juga lampu bohlam 5 watt dengan jarak 20-30 cm.

Tembolok anakan lovebird kemasukan angin - Yang di maksud adalah tembolok anakan yang saat di loloh bukan hanya terisi dengan bubur lolohan. Hal ini terkadang sering terjadi meskipun terlihat seperti biasa saja pada anakan lovebird. Tembolok membesar yang terisi dengan angin bukan makanan.
Solusinya : Cara ini memang terkesan tega dan seperti menyakiti anakan burung lovebird, namun cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi tembolok anakan yang kemasukkan angin. Caranya ialah dengan menusukkan jarum pentul . peniti yang telah di bakar ujungnya agar steril dari kuman . bakteri.

Pakan loloh yang mengendap dalam tembolok dan kotoran sulit keluar - Hal ini terjadi biasanya di karenakan pemberian pakan yang tidak benar. Misalnya dalam memberikan pakan loloh pakan yang diberkan kekentalan, sehingga mengendap pada tembolok anakan lovebird yang berakibat sulit keluar pada saluran kotoran, dan mengakibatkan anakan lovebird sulit bernafas, karena tembolok yang tersumbat oleh endapat dari pakan lolohan.
Solusinya : Ketika kalian menemukan hal ini terjadi pada lovebird kalian hendak nya harus segera ditangani. Cara untuk menanganinya ialah
  1. Siapkan air hangat yang dicampurkan dengan sedikit garam 
  2. Siapkan alat spet (suntikan yang dimodifikasi untuk meloloh anakan)
  3. Ambil anakan lovebird yang bermasalah, pencet - pencet temboloknya dengan perlahan agar endapan yang mengeras menjadi lunak.
  4. Suntikan air hangat tadi kedalam temboloknya melalui mulutnya. Seperti halnya saat menyepet /  meloloh.
  5. Anakan pasti akan memuntahkan air yang bercampur dengan endapan lolohan yang ada di dalam temboloknya. Sambil memencet - mencet tembolok agar endapan dapat di muntahkan semua, lakukan hal ini sampai sekira nya endapan dari pakan yang mengeras keluar semua.
Cara ini dikutip dari pengalaman beberapa breeder yang mengalami masalah serupa. Gunakan cara ini apabila kalian mengalaminya, selamat mencoba.
ADSENSE HERE!

1 comment:

Copyright © Lovebird Bekasi. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design