Situs Informasi Seputar Burung Ternak Burung Lovebird, Kenari, Pleci, Kacer, Murai Batu, Cucak Ijo, Ciblek Agar Sehat, Gacor, Ngerol, Ngeplong, Ngriwik Siap Lomba Burung dan Kontes Burung

Cara Mencetak Lovebird Parblue, beserta penjelasannya

ADSENSE HERE!
Cara Mencetak Lovebird Parblue, beserta penjelasannya - Semua sahabat kicau mania pasti tidak akan asing jika mendengar jenis lovebird yang disebut Parblue. Namun apa itu Parblue? Lovebird parblue adalah lovebird yang di kategorikan sebagai lovebird resesif. 
Cara Mencetak Lovebird Parblue, beserta penjelasannya
Resesif adalah pembawa sifat atau gen yang memberikan pengaruh tidak secara langsung dan pada umumnya gen resesif jika bertemu dengan gen yang sama - sama resesif baru akan muncul pada generasi selanjutnya. Jadi jelas bahwa lovebird parblue adalah lovebird dengan sifat gen resesif yang akan muncul jika sama - sama di kawinkan dengan lovebird parblue lainnya.

Agar dapat menghasilkan / mencetak lovebird parblue secara visual dibutuhkan gen parblue (turquoise) atau 1 alel parblue (turqouise) dan 1 alel blue. Adapun jenis parblue yang tampak secara visual (fenotip) Blue Series (BS) Bisa disebut Blue Possible Parblue (Broken Parblue) dan jenis pablue pada Green Series (GS) disebut dengan Split.

Blue Possible Parblue (Broken Parblue) adalah burung parblue yang kehilangan warna kuning atau Psittacine (kelainan) pada bulunya sehingga berwarna Blue Series (BS) dan mempumyai potensi menurunkan parblue jika dipasangkan dengan Blue Series (BS) atau dengan Green Split Blue. Mengapa tidak dikatakan sebagai Blue Split Parblue ? jika di namakan demikian, maka penjelasannya adalah Blue Split Parblue artinya Blue adalah Gen dominan dan Parblue adalah gen resesif. Gen resesif x Gen resesif hasil anak = 100% Gen resesif.
Maka ketika Parblue (resesif) x Parblue (resesif) hasil harusnya 100% Parblue. Padahal pada faktanya tidak seperti itu. Parblue x Parblue masih keluar Blue.

Atau dinamakan Parblue split Blue? Tidak bisa terjadi Resesif menjadi Dominan terhadap Dominannya. Maka Blue Split Parblue adalah TIDAK TEPAT.
Parblue dapat dihasilkan atau dicetak daari Blue Possible Parblue jika di pasangkan dengan Blue atau Green Split Blue. Tidak ada perbedaan antara Blue dan Blue Possible Parblue (Broken Parblue).

Green Split Parblue dihasilkan dari induk Parblue x Green Series dimana anakan yang dihasilkan adalah Green Split Blue dan Green Split Parblue. Parblue dapat dihasilkan dari Green Split Parblue jika dipasangkan dengan Blue atau Green Split Blue.

Trah Parblue? dalam hal ini kata "Trah" adalah kurang tepat, karena hasil anak dari parblue yang menjadi Blue Series kembali tidak bisa menurunkan Parblue kembali. Hal ini menyimpang dari kata Trah / Dinasti / Bangsa yang berarti menurun ke generasi berikutnya.

Jika kalian masih bingung dengan teori di atas, mungkin ilustrasi ini dapat membantu.
  • PB x BS = keluar anakan BS atau PB x PB Sekalipun keluar BS
  • BS x BS berharap keluar anakan PB akan butuh suatu keberuntungan.
  • BS x BS = anakan keluar BS. Meskipun BS tersebut dari induk PB x PB maka akan tetap disebut BS. Mengapa demikian ?
Karena Parblue adalah Co-Dominan Blue. Jika ada BS anakan PB yang menghasilkan PB kembali, itu adalah Blue Possible Parblue (Parblue Broken) dimana burung tersebut adalah jenis Parblue yang tidak mampu menghasilkan warna kuning pada bulunya (kelainan) sehingga berbentuk BS dan memiliki potensi menghasilkan jenis Parblue kembali.

Demikian sedikit tentang teori yang bisa diberikan untuk kicau mania khususnya breeder Lovebird warna. Semoga bermanfaat.
ADSENSE HERE!

1 comment:

Copyright © Lovebird Bekasi. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design